handphone-tablet
Kajian.Net
Aku sudah siap dengan semangat baru, menapak jalan terjal untuk mencari ilmu, menelusuri halang rintang untuk menyongsong indahnya masa depan.

Friday, January 3, 2014

Mengapa Pendidikan Menjadi Penting?

Dalam Islam, pendidikan merupakan satu hal yang sangat urgent dalam kaitannya dengan proses pemberdayaan manusia untuk menjalankan fungsi diri sebagai hamba di hadapan penciptanya dan khalifah di muka bumi. Pentingnya keberadaan ilmu pengetahuan di kalangan umat Islam sudah dimulai sejak masa kerasulan Muhammad saw. Pada masa itu, beliau tak henti menanamkan kesadaran pada sahabat dan umat Islam lainnya agar selalu menuntut ilmu. Dalam sebuah hadits Rasulullah saw bersabda, “Menuntut ilmu wajib atas setiap muslim laki-laki dan perempuan“ (HR Ibnu Majah). Riwayat lain juga sering terdengar di telinga kita, seperti “Tuntutlah ilmu sekalipun di negeri China” atau “Tuntutlah ilmu sejak dalam buaian sampai ke liang lahat”. Hadits-hadits di atas menjadi bukti bahwa pendidikan dan ilmu pengetahuan menjadi satu bagian yang tidak terpisahkan dengan ajaran Islam.
Tujuan dari pendidikan itu sendiri adalah proses pembentukan kepribadian muslim sesuai fitrahnya. Ilmu apapun yang tengah kita geluti, baik sains, sosial maupun linguistik (di luar ilmu-ilmu keagamaan), hanya merupakan sarana untuk meraih ilmu akhirat, atau bisa dikatakan media pengaplikasian dalam mengamalkan ajaran-ajaran Islam. Salah kaprah apabila kita menjadikan ilmu-ilmu akademik sebagai tujuan akhir. Semua itu hanyalah media.

Merupakan suatu bentuk investasi sumber daya manusia ketika dengan ikhlas seorang guru mengajar muridnya, seorang ibu mengajar anaknya, atau ketika kita mengajarkan ilmu yang kita miliki kepada teman. Pendidikan sesederhana itu saja sudah dapat membantu meningkatkan ketrampilan dan pengetahuan. Alhasil, target yang diajar setingkat lebih baik pemahamannya sehingga kinerjanya di masa mendatang pun meningkat.

No comments:

Post a Comment