handphone-tablet
Kajian.Net
Aku sudah siap dengan semangat baru, menapak jalan terjal untuk mencari ilmu, menelusuri halang rintang untuk menyongsong indahnya masa depan.

Friday, January 3, 2014

Bagaimana sih Pemimpin Islami itu?

Setiap diri adalah pemimpin. Pemimpin untuk sebuah Negara, sebuah daerah, sebuah keluarga atau paling tidak pemimpin untuk dirinya sendiri. ‘Auf bin Malik ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik pemimpin kalian adalah pemimpin yang kalian cintai dan mereka mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka mendoakan kalian. Sedangkan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah pemimpin yang kalian benci dan mereka membenci kalian, kalian mencela mereka dan mereka mencela kalian.” (h.r. Muslim)
        Rasulullah SAW menganjurkan kepada para pemimpin agar berbuat adil kepada rakyatnya sehingga tercipta keakraban di antara mereka. Sikap saling menasihati antara pemimpin dan rakyat dapat menciptakan rasa cinta, kasih sayang, keamanan dan ketentraman. Sikap adil ini bahkan akan dibalas dengan kedudukan yang tinggi pada hari akhir. Seperti yang diriwayatkan dari Abdullah bin Amr bin Ash ra, berkata Rasulullah SAW, “Sesungguhnya orang-orang yang berbuat adil kelak di sisi Allah berada di mimbar-mimbar bercahaya, mereka yang berbuat adil dalam keputusan, terhadap keluarga dan dalam kepemimpinannya.” (h.r. Muslim)  
            Jika Allah Ta’ala menghendaki kebaikan bagi seorang pemimpin, Dia Akan Membimbingnya berbuat adil dan berbuat baik kepada rakyatnya. ‘Iyadh bin Himar ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Di antara penghuni surga ada 3 orang, orang yang memiliki kekuasaan lalu berbuat adil dan mendapat bimbingan dari Allah, orang yang memiliki sifat penyayang dan lembut hati kepada keluarga dekatnya, dan setiap muslim serta orang yang tidak mau meminta-minta sementara ia menanggung beban keluarga yang banyak jumlahnya.” (h.r. Muslim)
Gini nih calon pemimpin beriman

No comments:

Post a Comment